August 15, 2022

Drainase RSUD Tersumbat, Wabup dan OPD Turun Gunung Tinjau Lokasi

DISKOMINFO – MEDIA CENTER REJANG LEBONG : Faktor kondisi alam berupa hujan yang lumayan deras membasahi Bumi Pat Petulai (Rejang Lebong) pada tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB hingga larut malam dini hari ini 00.00 Kamis (22/4) mendengar kabar info bahwa drainase Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rejang Lebong di Dua Jalur Perbatasan Rejang Lebong-Kepahiang mengalami penyumbatan lantaran ada salah satu dinding penghubung ruangan gedung RSUD bocor dan harus segera diatasi secepat mungkin.

Mendengar kabar info ini, Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah,SH bersama segenap unsur OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dilingkungan Pemkab Rejang Lebong meliputi, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), BPBD (Badan Penanggulangan Bencama Daerah), Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) bersama Tim Media Center Rejang Lebong (MCRL), Dinas Pemadam Kebakaran dan BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) serta Instansi terkait lainnya bergegas turun gunung langsung untuk melakukan peninjauan secara langsung kelokasi RSUD Rejang Lebong di Dua Jalur Perbatasan Rejang Lebong-Kepahiang ini.

Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah,SH saat diwawancarai singkat Tim MCRL dilapangan RSUD mengatakan dan membenarkan, jika RSUD Rejang Lebong ini sedikit mengalami penyumbatan yang membuat laju aliran air menjadi tersumbat sehingga mengalami banjir secara signifikan.

“Kita mendapat informasi bahwa RSUD Rejang Lebong kita kebanjiran. Setelah kita turun langsung dan chek kelapangan bersama kawan-kawan OPD terkait ternyata itu kebanjiran yang cukup signifikan lantaran hanya penyumbatan yang menyebabkan dinding penahan salah satu air tersebut jebol namun sudah kita atasi bersama. Air sudah mengalir secara normal dan penyumbatannnya sudah diatasi, Insya Allah besok Dinas PUPR segera merealisasikan tugasnya untuk mengatasi agar tidak lagi terjadi penyumbatan yang bisa memicu banjir ini,” ujar Wabup pada Tim MCRL, Kamis dini hari (22/4).

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Yusran Yuzir,ST menuturkan, jika instansi Dinas PUPR nya siap selalu membantu dan berpartisipasi dalam mengatasi permasalahan tekhnis terkait penyumbatan air sehingga sedikit mengalami kendala banjir dilingkungan RSUD Rejang Lebong.

“Malam ini juga hingga pada larut malam ini, kita Dinas PUPR bersama Pak Wakil Bupati dan sejumlah OPD terkait telah turun kelapangan guna mencarikan solusi agar laju air kembali normal dan besok PUPR kita dengan dibantu BPBD dan Instansi terkait lainnya akan merealisasikan langkah pertama kami, besok tembok yang roboh akan kita bersihkan terlebih dahulu lalu kemudian membuat laju air agar bisa mengalir secara normal dan diberi penahan yang kokoh agar tidak terjadi penyumbatan kembali,” demikian jelas Kadis PUPR saat dijumpai dan diwawancarai singkat Jurnalis MCRL. (Adit MCRL)